Cara Bermain Go

Author: Unknown | Filed under:

Permainan Go yang Sedang BerlangsungPertandingan profesional Go menggunakan papan berukuran 19x19. Walaupun begitu papan berukuran lain dapat digunakan. Pemula biasanya berlatih menggunakan papan 9x9 atau 13x13.

Dua pemain, hitam dan putih, bergiliran meletakkan batu mereka di persimpangan antara garis mendatar dan garis tegak. Batu juga dapat diletakkan di sisi dan sudut (lihat gambar). Hitam mulai lebih dulu.

Tujuan utama permainan ini adalah untuk menguasai daerah (titik) kosong sebanyak mungkin. Kita juga bisa menangkap sekelompok batu musuh dengan cara mengurungnya, yaitu menduduki semua titik kosong di sekelilingnya. Penangkapan menyebabkan batu-batu yang terkurung dikeluarkan dari papan. Hal tersebut menguntungkan penangkap, sebab tempat yang tadinya diduduki batu-batu musuh sekarang menjadi daerah kosong miliknya.

Beberapa gerakan menangkap dapat menyebabkan keadaan papan yang persis sama dengan keadaan sebelumnya. Aturan yang disebut "Aturan Ko" melarang gerakan tersebut untuk dilakukan.

Pemain juga dapat melakukan pass jika dia merasa bahwa tidak ada lagi gerakan yang menguntungkannya. Jika kedua pemain pass berturut-turut, permainan selesai.

Di akhir permainan dilakukan penghitungan nilai. Pemain dengan nilai terbanyak akan menang. Ada dua cara yang bisa dipakai untuk melakukan hal ini. Dengan cara Cina, tiap pemain mendapat nilai sebanyak titik kosong yang dia kurung ditambah dengan batu yang dia miliki di papan. Jika cara Jepang digunakan, tiap pemain mendapat nilai sebanyak titik kosong yang dia kurung ditambah dengan batu musuh yang telah dia tangkap. Secara umum, jika seseorang menang menggunakan perhitungan Cina, dia juga akan menang menggunakan perhitungan Jepang.

No Responses to "Cara Bermain Go"

Leave a Reply